Monday, October 15, 2012

Resep Gurih Kue Onde-Onde

Resep Gurih Kue Onde-Onde - Onde-Onde menurut wikipedia adalah sejenis kue jajanan pasar yang paling populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinaan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Dan kali ini kebetulan sekali Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru akan menshare artikel tentang Resep Gurih Kue Onde-Onde, mau tau resepnya apa saja mari simak ulasan Resep Gurih Kue Onde-Onde dibawah ini :

Resep Gurih Kue Onde-Onde

Berikut ini adalah Resep Gurih Kue Onde-Onde :

Bahan isi:
  1. 200 gr kacang hijau kupas, rendam 3 jam
  2. 175 gr gula pasir
  3. 1 lbr daun pandan
  4. 75 ml santan kental
  5. ¼ sdt garam
Biang:
  1. 2 sdm tepung kanji
  2. 7 ml air
Kulit:
  1. 175 ml air
  2. 75 gr gula pasir
  3. ¼ sdt garam
  4. 300 gr tepung ketan
Pelengkap:
  1. 100 gr wijen
  2. minyak untuk menggoreng
Cara membuat:

1. Isi:
Kukus kacang hijau selama 1 jam hingga benar-benar matang. Tuang ke wajan antilengket, tambahkan gula pasir, daun pandan, santan, dan garam. Masak sambil diaduk hingga adonan dapat dipulung.

2. Biang:
Aduk bahan biang, lalu masak sambil diaduk hingga meletup-letup.

3. Kulit:
Didihkan air, gula, dan garam, lalu masukkan ke dalam tepung ketan, aduk sampai rata. Masukkan biang sambil diuleni hingga kalis. Bagi adonan kulit menjadi 40 bagian. Bagi juga adonan isi 40 bagian.

4. Pipihkan adonan kulit lalu tambahkan isi, buat adonan itu jadi bulat.
5. Celup bulatan kue ke dalam air lalu gulingkan ke wijen. Goreng dalam minyak dingin, setelah terapung, besarkan sedikit apinya. Angkat setelah kue berwarna kuning kecokelatan.

Tips :
* Gunakan api yang kecil saat memasukkan kue. Saat kue setengah terapung, besarkan sedikit apinya agar mengembang dan kue tidak meletus-letus.
* Setelah kue macho terapung, goreng sambil ditekan-tekan agar mengembang.
* Buatlah isi kacang hijau sehari sebelum membuat kue agar isian lebih keras dan mudah dibentuk.

Bagaimana mudah bukan Resep Gurih Kue Onde-Onde? Demikianlah sedikit ulasan saya yang mengenai Resep Gurih Kue Onde-Onde, semoga dapat berguna dan bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment