Tuesday, August 28, 2012

Hikmah dan Nikmat dari Menjalankan Puasa Syawal

Hikmah dan Nikmat dari Menjalankan Puasa Syawal

Hikmah dan Nikmat dari Menjalankan Puasa Syawal - Setelah 1 bulan Berpuasa wajib di bulan Ramadhan, Maka kali ini di bulan Syawal semua umat muslim disunnahkan untuk berpuasa selama 6 Hari. Ternyata hal ini tak hanya semata-mata mendapatkan pahala jika dikerjakan, namun menurut beberapa para ahli gizi, Puasa Syawal terbukti sangat menyehatkan.

Fungsi dari Puasa Syawal adalah meredam shock atau kaget pada sistem pencernaan yang sebelumnya mengalami perubahan pada pola makan. Setelah satu bulan berpuasa, maka pencernaan idealnya pasti menyesuaikan diri selama kurang lebih 3 hari hingga 1 minggu sebelum harus beraktifitas atau berkerja kembali secara normal.

Hal ini pernah dibicarakan oleh Prof. Dr. Hardiansyah, Ahli gizi Fakultas Ekologi Manusia IPB dalam situs detikhealth,
"Sampai hari ketiga setelah lebaran, sebaiknya pilih makanan yang lembut-lembut. Tubuh perlu beradaptasi dimasa peralihan."
Jumlah makan yang Idealnya pun tak langsung Banyak-banyak, melainkan bertahap sedikit-sedikit.

Dengan menjalankan Puasa Sunnah 6 hari di bulan Syawal, maka pola makan yang telah berubah satu bulan sebelumnya, tak mendadak terjadi. Sehingga proses pencernaan pada perut dapat mengalami penyesuaian terlebih dahulu.

Dapat dikatakan bahwa Puasa Syawal adalah masa perubahan kembali pada sistem pencernaan. Nikmat lainnya, tentu saja Pahala yang anda dapatkan.

Demikianlah Artikel saya yang mengenai Hikmah dan Nikmat dari Menjalankan Puasa Syawal, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment