Tuesday, March 20, 2012

Awas! Perhiasan Banyak Mengandung Zat Berbahaya



Awas! Perhiasan Banyak Mengandung Zat Berbahaya. Ada ungkapan 'beauty is pain' yang berarti kecantikan adalah rasa sakit. Hal ini ada benarnya bagi para peneliti yang baru saja menemukan hal baru seputar perhiasan murah yang dijual merek-merek fashion high-street ternama.



Istilah costume jewelry, atau lebih dikenal perhiasan palsu berukuran besar memang digemari banyak wanita karena bisa membuat tampilan semakin lengkap. Namun setelah diteliti, perhiasan macam ini memiliki sejumlah zat karbon metal berbahaya seperti lead, cadmium, chromium, mercury hingga arsenic.


Perhiasan

The Ecology Center, California yang memprakarsai penelitian ini membeli sejumlah perhiasan sebanyak 99 barang dari retail Claire, Forever 21 dan H&M di beberapa tempat di Amerika Serikat. Jeffrey Weidenhamer, Ph.D, Professor kimia dari Ashland University, menemukan dari 99 perhiasan tersebut, 25% mengandung kandungan berbahaya yang melewati batas yang ditentukan oleh Komisi perlindungan konsumen.



Penelitian menggunakan sinar x-ray dan melihat kandungan metal murah yang mudah meleleh. Bahaya terbesar terjadi bila anak kecil bermain dengan perhiasan ini dan memasukkannya ke dalam mulut. Tak dipungkiri sebagian besar perhiasan ini juga dibeli oleh anak kecil yang seringkali tanpa disengaja menggigiti perhiasan. Efek langsung yang bisa ditimbulkan pada kulit adalah gatal dan iritasi pada kulit.



Jeff Gearhart, pemimpin riset di Ecology Center mengatakan: "Tidak ada alasan untuk perhiasan, khususnya untuk anak-anak, dibuat dari sesuatu yang tidak dipelajari dengan baik dan bahan-bahan berbahaya di planet ini," seperti dikutip dari Dailymail.


0 comments:

Post a Comment