Wednesday, November 14, 2012

Cara Mengatur Kategori pada Blog Wordpress

Cara Mengatur Kategori pada Blog Wordpress - Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru kali ini akan mensharing beberapa pengalaman tentang Cara Mengatur Kategori pada Blog Wordpress, berarti tema pembahasan kali ini tentang Wordpress.

Biasanya kategori postingan pada blog Wordpress secara default (bawaan asalnya) diurutkan berdasarkan alfabet (A-Z). Hal ini tentu tidak nyaman saat kita membuat menu navigasi berdasarkan kategori.

Memang ada salah satu cara untuk mengatur urutan pada kategori diwordpress yaitu dengan cara memakai Plugin Category Order.

Silahkan install plugin category order buatan Wessley Roche yang bisa sobat dapatkan di search plugin pada dashboard wordpress sobat. Setelah diinstall lalu aktifkan. Plugin ini setelah diaktifkan belum dapat berfungsi dengan baik. terlebih dahulu silahkan ganti tag wp-list-category pada file category-template.php yang terletak pada file public_html/wp-includes/. Cari tag berikut :

Silahkan Instal Plugin Category order buatan Wessley Roche yang bisa anda dapatkan di Search Plugin pada dashboard wordpress anda. Setelah anda instal jangan lupa untuk diaktifkan. Plugin ini setelah diaktifkan belum dapat berfungsi dengan baik. Terlebih dahulu silahkan ganti tag wp-list-category pada file
category-template.php yang terletak pada public_html/wp-includes/. Cari tag berikut :

name'); ?> 

atau

ID'); ?>

Kemudian kalian ganti kata 'name' atau 'ID' yang berwarna merah dengan : count

Kalau template/theme sobat tidak ada tag itu, maka silahkan cari kata 'ID' pada category-template.php tersebut kemudian ganti dengan kata 'count', kemudian simpan hasil perubahannya.

Selanjutnya kembali ke dashboard wordpress sobat, kini di menu 'post' akan ada sub menu 'category order'.

Klik 'Category Order' kemudian silahkan atur urutan katogeri yang sobat inginkan dengan cara menggeser (drag). Nah mudah kan? selamat mencoba dan semoga berhasil.

Demikianlah sedikit ulasan saya yang mengenai Cara Mengatur Kategori pada Blog Wordpress, semoga dapat berguna dan bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment