Saturday, January 26, 2013

Apa itu Cyberbully? dan Contoh dari Cyberbully

Apa itu Cyberbully? dan Contoh dari Cyberbully - Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang cerita pada saya bahwa akun facebook-nya diblokir seseorang. Saya terkejut. Kenapa ya kok ada yang jahil memblokir akun seseorang? Ternyata setelah diselidiki lagi, orang yang memblokir adalah orang yang
sebelumnya pernah terlibat adu mulut dengan teman saya.

Apa itu Cyberbully? dan Contoh dari Cyberbully

Beberapa waktu lalu, ada seorang teman saya yang cerita kepada saya bahwa facebooknya di blokir seseorang. Saya pun terkejut dan bingung, kenapa ada orang yang menjahili dan menghack facebook teman saya? Ternyata pas diselidiki lagi, orang yang memblokir facebook teman saya adalah orang yang pernah dekat dengan dia.

Yang membingungkan adalah kenapa facebook teman saya yang jadi sasarannya? Dari cerita teman saya tersebut, saya jadi menyimpulkan sendiri bahwa saat ini jejaring sosial juga banyak dimanfaatkan seseorang untuk membullying orang lain. kita sebut saja ini Cyberbully. Mungkin itu istilah yang lebih tepat.

Cyberbully umumnya terjadi karena ada orang lain yang merasa tidak suka, marah atau benci dengan seseorang. Para pelaku cyberbully cenderung lebih leluasa mengeluarkan kemarahan dan rasa tidak sukanya terhadap orang lain melalui jejaring sosial dibandingkan melalui tatap muka langsung. Padahal tindakan seperti ini juga bisa dikatakan sebagai tindak kriminal dan patut untuk dipertanggung jawabkan secara hukum.

Keberadaan jejaring sosial seperti facebook dan twitter, bagi kebanyakan orang memang dimanfaatkan sebagai ajang curhat alias curahan hati. Apapun perasaan yang sedang mereka rasakan, entah itu sedih ataupun senang, semuanya akan dicurahkan lewat facebook atau twitter. Bukan hanya itu, jika mereka sedang jengkel ataupun marah pada seseorang pun banyak juga yang menyatakan kemarahannya di facebook. Hal inilah yang menyebabkan adanya "Cyberbully".

Para pemilik akun di jejaring sosial hendaknya lebih berhati-hati lagi dalam berbicara. Jangan sampai kebebasan berbicara di jejaring sosial menyebabkan seseorang melakukan tindakan di luar batas kepada orang lain dengan cara mengirim atau memposting materi yang dapat merusak kredibilitas, menghina atau melakukan serangan sosial dalam berbagai bentuk.

So?, berhati-hatilah dalam berbicara di jejaring sosial.

Demikianlah sedikit ulasan saya yang mengenai Apa itu Cyberbully? dan Contoh dari Cyberbully, semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Sumber : Kompasiana.

0 comments:

Post a Comment