Sunday, January 29, 2012

Hebat, Timnas U-17 Raih Juara di Hongkong



HONG KONG - Timnas U-17 berhasil menjadi juara pertama dalam turnamen mini bertajuk International Youth Football Invitation Tournament di Hongkong. Kepastian titel diperoleh usai timnas U-17 menaklukkan Singapura 3-1 dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Po Keung Tsuen Village, Minggu (29/1).



Kemenangan itu membuat poin yang dimiliki oleh Indonesia menjadi 9, hasil dari tiga kali menang, dan mungkin terkejar lagi oleh para pesaingnya. Tuan rumah Hong Kong yang terus menempel Indonesia akhirnya menjadi runner up dengan torehan enam poin hasil dari dua kali kemenangan dan sekali kekalahan.



Dalam laga kemarin, Tim Indonesia sebenarnya sempat deg-degan sepanjang 45 menit babak pertama. Pasalnya, mereka harus tertinggal 0-1 terlebih dahulu dari gol yang dicetak oleh Lee SI Qin Illyas pada menit ke-37



Gol lawan itu cukup mengejutkan karena Indonesia sebelumnya terus mengurung pertahanan SIngapura. Gol tercipta dari tendangan penjuru kali kedua pemain Singapura yangf gagal diantisipasi penjaga gawang Ravi Murdianto. Skor 0-1 bertahan sampai turun minum.



Pada babak kedua, timnas belum melakukan perubahan siginifikan, mereka terus mencoba melakukan serangan-serangan menembus pertahanan lawan. Tapi, sampai menit ke-50 Indonesia masih sulit menjebol gawang lawan.



Melihat kondisi itu, pelatih Indra Syafri pun akhirnya melakukan pergantian pemain. Fiwi Dwipan keluar digantikan oleh Syamsul Muhidin Pellu dan Wayan Eka digantikan oleh Cakti Restuandana. Perubahan itu ternyata membuahkan hasil, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Sabeq Fahmi di pada menit ke-56.



Berhasil menyamakan membuat Motivasi pemain Evan Dimas dkk semakin meninggi. Meski lawan bermain keras menjurus kasar, para pemain merah putih tak mau terprovikasi dan terus memainkan bola-bola pendek dengan rapi untuk mengurung pertahanan lawan.



Pada menit ke-58, Syamsul berhasil mencetak gol namun dianulir oleh wasit karena dianggap dalam posisi offside. Keputusan itu semakin membuat para pemain penasaran, dan terus menggempur pertahanan Singapura. Hasilnya, tiga menit berselang, gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Sabeq melalui tendangan keras di dalam kotak penalti. 2-1 untuk Indonesia.



Unggul tak membuat Indonesia mengendurkan serangan. Para pemain masih berhasrat untuk menambah keunggulan. Akhirnya, kesempatan itu datang.



Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Singapura terhadap striker Indonesia di dalam kotak penalti, tim merah putih akhirnya mendapat hadiah Penalti. Kesempatan itu tak disia-siakan oleh kapten tim Evand Dimas untuk mengkonversikannya menjadi gol dari titik putih pada menit ke-69.



Skor 3-1 untuk keunggulan tim merah putih pun bertahan sampai peluit akhir dibunyikan. Sontak, para pemain langsung pecah dan merayakan kemenangan dengan membawa bendera murih putih keliling lapangan.



Pelatih timnas U-17, Indra Syafri yang dihubungi beberapa saat setelah pertandingan menyatakan bahwa hasil ini sangat memuaskan dirinya. Dia menegaskan bahwa kerja keras selama masa latihan yang pendek ternyata membuahkan hasil.



"Memang masih banyak yang perlu dibenahi. Tapi, dengan hasil ini saya yakin anak-anak memiliki modal yang bagus untuk turnamen berikutnya. Mental dan pengalaman mereka terasah, ini poin penting yang kami tekankan," tuturnya.


0 comments:

Post a Comment